Pencapaian Indikator Mutu Nasional di Rumah Sakit Pendidikan

  • Santi Anugrahsari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS)
Keywords: rumah sakit pendidikan, indikator mutu nasional, keselamatan pasien, akreditasi

Abstract

Latar Belakang: Peningkatan mutu dan keselamatan pasien seharusnya tercermin dalam setiap kegiatan di rumah sakit (RS) Pendidikan. Untuk menjamin hal itu, RS Pendidikan wajib memiliki sistem pengawasan mutu dan keselamatan pasien antara lain melalui penerapan standar yang terdapat pada sistem akreditasi rumah sakit pendidikan untuk mencapai Indikator Mutu Nasional.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian Indikator Mutu Nasional di RS Pendidikan Utama, Afiliasi dan Satelit.
Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis data sekunder. Data indikator mutu diambil dari Sistem Informasi Akreditasi Rumah Sakit (SiKARS) yang dimiliki oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dengan membandingkan pencapaian Indikator Mutu Nasional RS Pendidikan Utama, Afiliasi dan Satelit selama tahun 2019. Pemilihan RS dilakukan berdasarkan beberapa kriteria, yaitu sudah terakreditasi KARS, lulus standar Integrasi Pendidikan Kesehatan dalam Pelayanan Rumah Sakit (IPKP) , dan mengisi lengkap data SiKARS.
Hasil: Total ada 50 RS Pendidikan yang teridentifikasi memenuhi kriteria sebagai sampel dalam penelitian ini, terdiri dari 28 RS Pendidikan Utama, 9 RS Pendidikan Afiliasi dan 13 RS Pendidikan Satelit. Berdasarkan hasil analisis, terdapat 11 Indikator Mutu Nasional yang menunjukkan perbedaan bermakna antar jenis RS pendidikan. RS pendidikan utama lebih baik dalam pencapaian dua indikator, yaitu Kepatuhan Identifikasi Pasien dan Kepatuhan upaya pencegahan pasien jatuh. RS pendidikan afiliasi lebih baik dalam pencapaian lima indikator, yaitu Kecepatan Respon terhadap Komplain, Kepatuhan Clinical Pathways, Waktu lapor hasil tes kritis laboratorium, Kepatuhan Fornas, dan Kepatuhan Cuci Tangan. Sedangkan RS pendidikan satelit lebih baik dalam pencapaian empat indikator, yaitu Waktu Tunggu Rawat Jalan, Kepuasan Pasien dan Keluarga, Kepatuhan Jam visite dokter, dan Kepatuhan Emergency Respon Time.
Kesimpulan: Terdapat perbedaan pencapaian Indikator Mutu Nasional antar RS Pendidikan Utama, Afiliasi dan Satelit.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-06