Penggunaan Aplikasi Berbasis Android dan Website untuk Monitoring Suhu, Kelembaban, dan Udara di RSUD K.R.M.T. Wongsonegoro Kota Semarang

  • MUHAMAD ICHWANUL HADI RSUD KRMT WONGSONEGORO KOTA SEMARANG

Abstract

Masalah Mutu: Peraturan Menteri Kesehatan No.7 Tahun 2019 tentang Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit menyebutkan bahwa suhu, kelembaban, dan bahan pencemar udara antara lain gas karbon monoksida harus dijaga. Selama ini RSUD K.R.M.T. Wongsonegoro Kota Semarang melakukan pemeriksaan dan mencatat suhu, kelembaban, gas (temperatur, humindity and gas /THG) dengan cara petugas ruangan, K3RS dan sanitasi keliling ruangan setiap hari. Hasil dicatat pada formulir pemeriksaan dalam bentuk hard copy. Cara ini memerlukan sumber daya manusia dan waktu yang dinilai tidak efisien sehingga RS membuat inisiatif mengembangkan aplikasi berbasis android dan website yang bernama Monitoring Suhu, Kelembaban, Gas dengan Aplikasi Android dan Website (Monalisa).

Pilihan Solusi: Upaya untuk mengatasi permasalahan, RS merancang alat untuk memantau suhu, kelembaban dan gas berbasis android dan website. Alat ini secara otomatis dapat mengukur suhu, kelembaban dan gas secara real time. 

Implementasi: Aplikasi Monalisa sudah diterapkan di RS sejak tahun 2018. Alat ditempatkan di IBS, Apotik IBS, Radiologi. Cara kerjanya menggunakan jaringan internet. Hasil pengukuran suhu, kelembaban dan gas secara real time sehingga petugas dapat melihat dan melakukan pemantauan setiap saat. 

Evaluasi dan Pembelajaran: Aplikasi Monalisa berhasil menghemat waktu dan sumber daya manusia. Faktor yang mendukung keberhasilan ini adalah telah tersedianya berbagai perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan dengan harga yang relatif terjangkau serta adanya dukungan dari manajemen rumah sakit untuk melakukan inovasi. 

Kata kunci: android, website, monitoring, suhu, kelembaban

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-03-19
Section
Praktek Peningkatan Mutu