Optimalisasi Pelaksanaan Discharge Planning Secara Terintegrasi di Ruang Rawat Inap X RS Militer Jakarta

  • FRISKA HARIANJA Program Magister Keperawatan Kekhususan Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan, Universitas Indonesia

Abstract

Masalah Mutu: Tuntutan pelayanan kesehatan yang berkualitas tinggi menjadi fokus penting dalam era reformasi sistem perawatan kesehatan. Salah satu masalah penting dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit (RS) adalah pelaksanaan dan pendokumentasian Perencanaan Pemulangan Pasien (P3) atau yang sering dikenal dengan discharge planning. Rendahnya peran perawat yang disebabkan pemahaman dan Pengetahuan dalam pelaksanaan P3 menjadi tidak optimal dilakukan. Selain itu, kurangnya motivasi dan komunikasi yang tidak baik antar tenaga kesehatan menjadi faktor pendukung ketidakoptimalam pelaksanaan P3, sehingga berdampak pada peningkatan readmission dan rerata lama rawat, menurunnya tingkat kepuasan dan loyalitas pasien, serta meningkatkan cost efektif RS. 

Pilihan Solusi: Dilakukan penyusunan perencanaan draft Standar Prosedur Operasional (SPO) pelaksanaan P3 dan pengoptimalan formulir discharge planning, pengkajian keperawatan awal rawat inap, edukasi terintegrasi, Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi (CPPT), dan resume keperawatan yang telah dimiliki oleh RS, dilanjutkan dengan hearing expert, sosialisasi, dan uji coba di ruangan rawat inap melati. 

Implementasi: Proses implementasi P3 mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 33,6% sedangkan pada evaluasi pelaksanaan P3 sebesar 36,6%. 

Evaluasi dan Pembelajaran: Pelaksanaan P3 pada proses penetapan diagnosis keperawatan P3, intervensi, implementasi, serta evaluasi masih perlu dilakukan supervisi oleh kepala ruangan dan perlunya peningkatan peran kepala bidang keperawatan untuk memberikan program pelatihan secara khusus kepada perawat pelaksana dan Perawat Penanggung Jawab Asuhan (PPJA) dalam meningkatkan pelaksanaan dan pendokumentasian P3 di ruangan secara optimal. 

Kata kunci: P3, manajemen asuhan keperawatan, kontinuitas perawatan, RS Militer Jakarta

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-03-19
Section
Praktek Peningkatan Mutu