Hospital Maps: Meningkatkan Kepuasan Pasien

  • Dewanti Widya Astari Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo, Bandung, Indonesia
Keywords: Hospital Maps, Kepuasan Pasien, Transformasi, Waktu Tunggu Rawat Jalan

Abstract

Pendahuluan: Berbagai pengalaman pasien dan pengunjung saat mengunjungi rumah sakit seperti sedang masuk ke hutan belantara, tidak tahu harus kemana dan berbuat apa. Perbedaan letak zonasi antara gedung pelayanan dengan gedung pemeriksaan penunjang yang jauh mengakibatkan waktu tunggu memanjang. Diperlukan suatu aplikasi hospital maps sebagai “guide” di rumah sakit untuk mempermudah akses pelayanan. Waktu tunggu pelayanan yang lama dapat berdampak kepada kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan implementasi inovasi hospital maps sebagai solusi perbaikan waktu tunggu.

Metode       : Desain penelitian menggunakan action research. Tahapan penelitian meliputi analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi dan pengujian. Aplikasi di ujikan terhadap 266 responden pasien rawat jalan Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo, kemudian responden melakukan pengisian kuesioner kepuasan pasien. Kuesioner kepuasan pasien menggunakan emoji-based metric. Penelitian telah mendapatkan ethical approval dengan nomor etik LB.02.01/2.3/040/2022. Lokasi penelitian dilakukan di PMN RS Mata Cicendo pada bulan Juni sampai dengan Agustus 2022.

Hasil                : Hasil dari pengujian menyatakan fungsi-fungsi yang ada dalam aplikasi hospital maps berjalan dengan lancar. Setelah hospital maps diimplementasikan, sebanyak 264 responden (99,11%) menyatakan puas dan 2 responden menyatakan biasa- biasa saja (0,75%).

Kesimpulan     : Aplikasi hospital maps yang dibuat sudah dapat memenuhi kebutuhan untuk melakukan proses pencarian area pelayanan dan penunjang rumah sakit dari mobile device. Implementasi hospital maps berbasis teknologi informasi komunikasi mampu meningkatkan kepuasan pasien.

Keywords : Hospital Maps, Kepuasan Pasien

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-24