Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Pasien di Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo

  • Dewanti Widya Astari Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo, Bandung, Indonesia
  • Teti Sugiarti Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo, Bandung, Indonesia
  • Neni Rostieni Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo, Bandung, Indonesia
Keywords: Rawat Jalan, Time Motion Study, Waktu Tunggu Pelayanan, Rumah Sakit Khusus

Abstract

Latar Belakang: Pusat Mata Nasional (PMN) Rumah Sakit Mata Cicendo menyelenggarakan pelayanan rawat jalan dan eksekutif. Waktu tunggu pelayanan pasien merupakan salah satu indikator kepuasan pasien dan mutu pelayanan di rumah sakit. Lamanya waktu tunggu pasien merupakan salah satu hal penting dalam menentukan kualitas pelayanan kesehatan. Peningkatan jumlah kunjungan dapat mengakibatkan penumpukan pasien, dan memperpanjang lamanya waktu tunggu pelayanan.

Tujuan: Mengukur waktu tunggu pelayanan rawat jalan di PMN Rumah Sakit Mata Cicendo.

Metode: Penelitian deskriptif menggunakan time and motion study melalui observasi dan penghitungan waktu tunggu pelayanan pasien di poliklinik eksekusif, external eye disease, katarak bedah refraktif dan glaukoma. Responden instalasi rawat jalan dan instalasi eksekutif berjumlah 393 orang dan 373 orang secara berturutan. Analisis data dilakukan secara deskriptif.

Hasil: Waktu tunggu di Poli Eksekutif, Poli External Eye Disease, Poli Katarak Bedah Refraktif dan Poli Glaucoma sudah sesuai dengan standar pelayanan minimal.

Kesimpulan: Waktu tunggu pelayanan di Poli Eksekutif, Poli External Eye Disease, Poli Katarak Bedah Refraktif dan Poli Glaucoma perlu dioptimalkan sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien dan memenuhi standar pelayanan minimal. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit.

Kata kunci: Rawat Jalan, Time Motion Study, Waktu Tunggu Pelayanan, Rumah Sakit Khusus

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-23