Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) terhadap Keselamatan Kerja Perawat pada Era Pandemi COVID-19 di Ruang Isolasi RS Kanker Dharmais

  • Ade Suryani Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS)
  • Retno Setiowati Rumah Sakit Kanker Dharmais
  • Joko Tri Suharsono Rumah Sakit Kanker Dharmais
  • Handrija Handrija Rumah Sakit Kanker Dharmais
Keywords: Alat Pelindung Diri, Perawat, Isolasi, Rumah Sakit, Kanker

Abstract

Latar Belakang: Banyaknya pasien yang membutuhkan perawatan isolasi di masa pandemi sangat berpengaruh pada keselamatan perawat yang bekerja melayani pasien kanker di ruang isolasi COVID-19. Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) yang tidak sesuai banyak ditemukan, walaupun sudah dilakukan sosialisasi pada perawat. Oleh karenanya, hal ini tidak menjamin dampak paparan COVID-19 pada perawat saat menggunakan sampai melepaskan APD di ruang isolasi. Penelitian penggunaan APD sudah banyak dilakukan, namun belum terdapat keterkaitan antara penggunaan APD selama COVID-19 terhadap sikap, pengetahuan dan alasan menggunakan APD. Oleh karena itu, penggunaan APD terhadap keselamatan kerja perawat pada era pandemi di ruang isolasi perlu diteliti.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan mengukur kepatuhan perawat penggunaan APD dalam melakukan asuhan keperawatan terhadap pasien pada ruang isolasi COVID-19 di RS Kanker Dharmais.

Metode: Penelitian deskriptif dengan pengambilan data total sampling yang melibatkan semua perawat yang bekerja di ruang isolasi RS Kanker Dharmais dan bersedia untuk terlibat (72 orang). Data diperoleh melalui kuesioner, observasi melalui rekaman pada saat perawat memakai dan melepaskan APD di ruang isolasi serta wawancara kepala ruangan. Analisis data dilakukan secara deskriptif.

Hasil: Terdapat 67 perawat (93,10%) di ruang isolasi Anyelir telah memiliki pengetahuan yang tinggi dalam penggunaan APD. Sikap perawat dalam mengunakan APD sebelum memberikan tindakan berada pada sikap positif (84,70%). Alasan terbanyak penggunaan APD adalah untuk keselamatan diri sebagai petugas kesehatan sebanyak 72 perawat (100%). Terdapat 1% perawat yang menyatakan adanya keterbatasan waktu dalam penggunaan APD.

Kesimpulan: Penggunaan APD terhadap keselamatan kerja perawat pada era pandemi COVID-19 di RS Kanker Dharmais memiliki pengetahuan yang tinggi dan sikap yang positif untuk keselamatan diri sebagai petugas kesehatan. Meskipun demikian, diperlukan pelatihan penggunaan APD yang terstruktur dan monitoring penggunaan APD yang tepat serta kebijakan rumah sakit yang menyediakan APD yang dibutuhkan sesuai standar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-27